SAP.SKYGEL … untuk hobi. bertanam

SAP.SKYGEL … untuk hobi. bertanam

 

“Pampers”  terbuat dari kopolimer dari asam akrilat silang dan natrium asam akrilat yang sama sebagai (Super Absorbent Polymer/SAP) yang digunakan untuk popok sekali pakai, Seperti SkyGel, Hydrogel, secara bertahap terurai di dalam tanah, itu adalah ekologis dan kita dapat menggunakannya tanpa khawatir sebagai media tanam hidroponik atau pada lahan pertanian yg kering. Sky Gel dapat digunakan dengan berbagai jenis pupuk jenis cair seperti nutrisi hidroponik, dengan tipe lain secara bertahap efektif, atau sebagian besar jenis andherbicide bahan kimia pertanian.

 

Efek dari SAP dipertahankan 2-3 tahun (Hal ini tergantung pada kondisi tanah atau lingkungan).  SAP yang tidak digunakan dapat disimpan selama 10 tahun.

 

SAP bisa juga digunakan untuk menanam sayuran dan tanaman buah. Fungsi SAP dalam penanaman sayur dan buah adalah sebagai penyedia suplai air secara kontinyu pada pot atau media polybag.

Tanpa Sap, kita perlu melakukan penyiraman tanaman minimal 1 kali sehari, terutama pada saat kondisi kemarau atau tanpa ada hujan. Hal ini dilakukan agar tanaman tetap mendapat suplai air Nutrisi yang cukup sehingga pertumbuhannya tidak terhambat. Hal ini sangat mengganggu jika penanaman tanaman sayur dan buah tersebut hanya sebagai hobi bertanam atau berkebun. Kita sama sekali tidak bisa “meninggalkan” tanaman kita barang sehari saja, misalnya untuk keluar kota. Bisa dipastikan tanaman kita akan mengalami “dehidrasi” atau kekurangan air.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada solusi penggunaan SAP sebagai media “penampung air”, sehingga walaupun kita tinggal beberapa hari, tanaman buah atau sayur kita dipastikan tidak akan kekurangan air.

 

Hal ini tidak lepas dari karakteristik SAP yang mampu menyerap air sampai 100 kali berat tubuhnya. Dengan penyerapan air tersebut, SAP menyimpan cadangan air di dalam “tubuhnya”. Jika dibutuhkan oleh lingkungan sekitarnya, SAP bisa melepas perlahan – lahan cadangan airnya untuk dipakai oleh lingkungan sekitarnya. Hal ini tergantung seberapa besar kebutuhan air lingkungan sekitarnya tersebut. Jika lingkungan sekitar cukup kering, maka SAP akan cepat melepas cadangan air nutrisinya dan bentuknya akan menyusut dengan cepat. Jika kemudian dilakukan pemberian suplai air Nutrisi kembali, makaSAP kembali akan menyerap air dan bentuknya akan mengembang kembali seperti semula.

 

Siklus ini akan berulang terus : mengembang – menyusut – mengembang, sampai fisik SAP mengalami kejenuhan dan rusak karena kondisi dan pengaruh lingkungan sekitarnya.

 

Dengan penambahan SAP ke dalam media tanamnya, maka dipastikan suplai air nutrisi akan terjaga dengan baik walaupun kita tidak setiap hari melakukan penyiraman terhadap tanaman tersebut. Dengan penambahan SAP yang cukup, kita hanya perlu menyiram 1 minggu sekali. Walaupun hanya disiram 1 minggu sekali, tanaman akan tetap sehat dan tidak layu, karena suplai air terjaga dengan baik.

 

Berapa banyak SAP yang dibutuhkan untuk kebutuhan ini? Maksimal adalah 20% dari keseluruhan media tanam. Jumlah 20% ini adalah jumlah SAP yang sudah mengembang. Jika anda memiliki tanaman buah atau sayur di dalam pot, polybag  silahkan diperkirakan sendiri berapa kebutuhan Sap untuk tanaman anda tersebut.

 

Cara menggunakan

1. SAP menyerap air / cair pupuk 30-75 kali dari berat pada kondisi kering.

2. Setelah gel menyerap air dan membengkak cukup, silakan campuran itu merata pada media tanam 5 cm dari bagian atas..agar tidak mudah menguap terkena panas.matahari.

 

Standar jumlah penggunaan (untuk referensi)

Kuantitas yang tepat dari SAP adalah sekitar 0,1? 0,5 w / v% (sebelum menyerap air) dari tanah. *  Ini berbeda sesuai dengan kondisi media campuran , cuaca, dll.

 

Ex) Konsentrasi SkyGel: 0.3W / v Swell%: 50 kali air

 

Pot.  Diameter.  Volume Tanah.  Berat bubuk kering.  Setelah Bengkak (50 Times)

(1)      18 cm              2L                                 6g               300 mL

(2)      24 cm              5L                               15g               750 mL

(3)      30 cm              8L                               24g             1.200 mL

 

Ex) Konsentrasi SkyGel: Seperti di bawah ini Swell: 50 kali air.

 

 

Objek.   Kedalaman Wilayah.   Berat bubuk kering.   Setelah Bengkak (50 Times)

Pohon     1m2/100cm          1 – 5 kg (0,1 – 0,5%)     50 – 250 L 50-250 L

 

pohon

muda     1m2/30 – 60cm       500gm – 1,5 kg ()

 

 

media untuk

tomat Imec)  1m/2  2cm        20 – 40 g (0,1 – 0.2%)            1 – 2 L

 

SAP menyerap air / pupuk cair dan mengembang

* Mohon jangan mencampur jumlah yang terlalu banyak. Jika Anda menggunakan SAP terlalu banyak, lapisan udara akan menipis disekitar perakaran.

* Jika anda menggunakan SAP pada kondisi kering, Anda memerlukan perawatan khusus sebagai berikut; Mencampur SAP ke dalam m,edia secara merata. Jangan kompres/menekan media setelah pencampuran SAP.

SAP tidak dapat dimakan. Please keep it away from children. Mohon jauhkan dari anak-anak.

* Karena bubuk kering cenderung tersebar di udara, harap berhati-hati untuk tidak menghirup atau masuk ke mata Anda.

* Dalam kasus SAP masuk ke mata Anda, silakan mencuci dengan air lebih dari 15 menit dan cek dokter. Jika Anda menghirup atau menelan produk, silakan cek dokter segera.

 

http://www.nichiin.com/skygel/usage.htm

 

 

Semoga bermanfaat…salam…

copas : http://www.facebook.com/groups/hidroponiku/doc/290466240963904/

Perihal INDOAGROW
kami adalah lembaga yang bergerak dalam pengembangan sumberdaya pertanian, menyediakan berbagai macam sarana produksi pertanian, dan konsultasi pertanian alamat : Dukuh Serut Desa Tegalontar Kec Sragi Pekalongan Telepon 081931723043 (WA), 081325666314, 08562813733 email: indoagrow@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: