PUPUK HIDROPONIK

Setiap kegiatan budidaya tanaman, pupuk merupakan salah satu faktor penting. Pupuk merupakan sumber makanan bagi tanaman yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkem-bangannya. Tentu saja masih ada faktor lain, seperti cahaya, air dan sebagainya. Di pasaran bebas kita mengenal pupuk tunggal yang hanya mengandung satu macam unsur hara misalnya pupuk Urea hanya mengandung unsur hara N dan pupuk majemuk yang mengandung lebih dari satu unsur hara misalnya pupuk NPK 15-15-15 mengandung unsur hara N, P dan K. Ada lebih kurang 12 unsur hara yang diperlukan tanaman agar dapat tumbuh dan berbunga atau berbuah dengan baik selain faktor cahaya, air, dan sebagainya. Unsur-unsur tersebut adalah N, P, K, S, Mg, Ca, Fe, Zn, Mn, Cu, Mo dan B.

 

Dalam sistem hidropinik tanah tidak digunakan sebagai media tumbuh, tetapi diganti dengan media lain seperti arang sekam, cocopeat atau material lainnya selain tanah. Media tanam tersebut tidak mengandung unsur hara yang cukup oleh sebab itu kita harus memberikannya kepada tanaman melalui pupuk (dalam hidroponik istilah pupuk disebut juga nutrisi). Kita harus menghitung secara cermat jumlah dari masing-masing unsur hara sesuai dengan kebutuhan masing-masing tanaman. Hal ini bukanlah sesuatu yang mudah. Bagi Anda yang menyukai sistem budidaya secara hidroponik, baik komersial maupun hanya sekedar hobi, Anda tidak usah repot dengan semua hitungan-hitungan tersebut karena Anda bisa menggunakan pupuk siap pakai yaitu pupuk NUTRISI HIDROPONIK A&B MIX “THE FARMER”

 

Pupuk ini adalah pupuk hidroponik lengkap yang mengadung semua unsur hara makro dan mikro yang diperlukan tanaman. Pupuk tersebut diformulasi secara khusus sesuai dengan jenis dan fase pertumbuhan tanaman. NUTRISI HIDROPONIK tersedia untuk berbagai jenis tanaman seperti paprika atau cabai, tomat, melon, timun, terong, selada, anggrek, mawar, krisan, anturium dan lain-lain.

 

Satu set pupuk terdiri dari 2 kantong yaitu kantong A dan kantong B. Adapun kandungannya adalah 9.90% NO3, 0.48% NH4, 4.83% P2O5, 16.50% K2O, 2.83% MgO,11.48% CaO, 3.81% SO3, 0.013% B, 0.025% Mn, 0.015% Zn, 0.002% Cu, 0.003% Mo dan 0.037% Fe, atau tergantung dari jenis tanamannya, setiap tanaman mempunya formulasi kandungan yang berbeda-beda.

 

Keistimewaan NUTRISI HIDROPONIK A&B MIX, selain mengandung semua unsur hara yang diperlukan tnaman, adalah menggunakan bahan-bahan yang 100% dapat larut dalam air, sehingga sangat cocok bagi yang menggunakan sistem irigasi tetes. Cara penggunaannya juga sangat praktis dan dapat disimpan dalam waktu cukup lama.

 

Pupuk ini banyak digunakan oleh para petani dengan sistem “hidroponik (aeroponik, NFT, Rafting System, Pertanian di dalam greenhouse” di Indonesia.

copas dari : http://www.facebook.com/groups/hidroponiku/doc/324066927603835/

Perihal INDOAGROW
kami adalah lembaga yang bergerak dalam pengembangan sumberdaya pertanian, menyediakan berbagai macam sarana produksi pertanian, dan konsultasi pertanian alamat : Dukuh Serut Desa Tegalontar Kec Sragi Pekalongan Telepon 081931723043 (WA), 081325666314, 08562813733 email: indoagrow@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: