Memulai Sistem Hidroponik sederhana.

Memulai Sistem Hidroponik sederhana.

 

1. Mempersiapkan Bibit Tanaman

Dua minggu sebelum tanam, Anda  perlu untuk mempersiapkan bibit untuk kebun hidroponik. Bisa menggunakan Rockwool, kubus Akar Oasis , pasir halus dll tempatkan satu biji selada atau biji benih yang ingin anda tanam pada media tanam. Pada waktu itu, benih harus tumbuh menjadi bibit kecil.  Pastikan untuk selalu ada ketersediaan air. Jangan biarkan media menjadi kering.

 

2.  Memilih dan Mempersiapkan media tanam  untuk Penanaman

Wadah terbaik gunakan untuk berkebun hidroponik adalah plastik berwarna gelap. tidak tumbuh ganggang atau menjadikan berlumut dalam larutan air Nutrisi agar tidak mengganggu pertumbuhan berlebih dari ganggang akan mengambil kandungan nutrisi dari tanaman. Jika Anda perlu menggunakan wadah yang lebih besar bisa membuat dari papan atau kotak kayu tentunya disesuaikan agar lebih efisien yang jelas, disarankan untuk menutupinya dengan plastik gelap bagian dasar agar tidak terjadi kebocoran.

 

Dalam memilih sistem hidroponik sebuah wadah yang akan Anda gunakan perlu dipertimbangkan apa jenis tanaman yang akan anda tanam . Wadah/media tanam memegang peranan penting kita harus tau untuk tanaman jangka panjang,  untuk tanaman sayur, tanaman bunga atau buah..?? Wadah yang lebih luas memberikan luas permukaan yang lebih untuk menumbuhkan lebih banyak tanaman atau tanaman yang lebih besar.

 

3. Mencampur Air Nutrisi

Tanaman dalam sistem hidroponik perlu secara teratur dipasok dengan nutrisi. Karena tidak ada unsur hara selain dari Nutrisi, Jadi Anda sebagai petani, perlu mengambil tanggung jawab untuk menyediakan semua nutrisi bagi tanaman.

Dalam metode ini, nutrisi akan ditambahkan ke dalam air dan ditempatkan dalam wadah. Ada berbagai nutrisi campuran yang siap pakai sekarang di pasar. Jadi akan banyak membuat Anda lebih mudah hanya perlu untuk mengukur jumlah yang tepat dan aduk ke dalam air sesuai kebutuhan. Nutrisi yang kita akan gunakan dapat dibeli dari toko atau agen yg menyediakan perlengkapan hidroponik.

Untuk membuat larutan Stok A+B masing 5 liter Anda akan perlu: 1 set nutrisi dalam bentuk serbuk dengan kandungan unsur hara makro dan mikro. Tidak perlu penambahan pupuk2 lainya.

Anda akan memerlukan beberapa perlengkapan yg harus Anda miliki agar nutrisi yg Anda berikan pada tanaman lebih tepat sesuai kebutuhan tanaman. Diantaranya Ec meter/TDS dan pH meter. Jika anda belum memiliki bias dengan mengikuti anjuran yg ada pada kemasan.

 

Menjaga tanaman

Menjaga tanaman tempatkan lah tanaman Anda di wilayah di mana mereka akan menerima banyak sinar matahari. Ada beberapa jenis tanaman yg tidak begitu suka sinar matahari langsung dan buatlah sistem hidroponik Anda aman dari hujan lebat yang akan mengakibatkan larutan dalam bak menjadi berkurang kepekatannya kecuali untuk system fertigasi.

Anda perlu untuk melihat dan memastikan dari berbagai gangguan serangga, hama dll, jika anda tidak menggunakan Green house. Beberapa serangga meliputi: belalang, ulat, kutu daun, dan siput dll. Dan gunakanlah pestisida alami jika diperlukan agar tanaman sayur aman dan sehat.

Selamat mencoba..!!

 

Salam Paktani Hydrofarm.

copas dari : http://www.facebook.com/groups/hidroponiku/doc/291484274195434/

Perihal INDOAGROW
kami adalah lembaga yang bergerak dalam pengembangan sumberdaya pertanian, menyediakan berbagai macam sarana produksi pertanian, dan konsultasi pertanian alamat : Dukuh Serut Desa Tegalontar Kec Sragi Pekalongan Telepon 081931723043 (WA), 081325666314, 08562813733 email: indoagrow@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: