Hal-hal yang membuat hidroponik disukai

Hal-hal yang membuat hidroponik disukai adalah karena memiliki banyak kelebihan yaitu:

1. serangan hama dan penyakit cenderung jarang dan lebih mudah dikendalikan

2. penggunaan pupuk dan air lebih efisien

3. tidak ada kegiatan yang memerlukan tenaga intensif untuk pekerjaan berat seperti pengolahan tanah dan pemberatasan gulma dll

4. larutan nutrisi tanaman dapat dipasok sesuai dengan tingkat kebutuhan tanaman

5. dapat diusahakan di lahan tidak subur maupun di lahan yang sempit

6. kebersihan lebih mudah dijaga dan terhindar dari penyakit yang berasal dari tanah

7. budidaya tanaman dapat dilakukan tanpa tergantung kepada musim.

Selain 7 hal di atas, ada satu lagi keuntungan hidroponik yang saat ini bahkan sampai masa ke depannya, yaitu sebagai bisnis yang menarik dan menjanjikan keuntungan yang memadai. Sering sekarang kita menjumpai hasil-hasil tanaman dari budidaya hidroponik, seperti, sawi putih, pakchoy, caysim, bayam, kangkung, seledri, kubis, tomat, timun jepang, paprika, terung, brokoli, kubis bunga, stroberi, melon, semangka, krisan,poinsettia, anggrek, gerberra, kaktus dll. bahkan untuk pasokan sayur mayur seperti ke supermarket , restaurant, cafe dan pasar2 khusus masih banyak kekurangan….

Masyarakat tidak perlu khawatir tentang kandungan mineral yang terdapat dalam hasil budidaya hidroponik, karena jika pengusaha hidroponik tersebut benar-benar memikirkan aspek-aspek penting tentang cara pengolahan yang benar dalam budidaya tanaman hidroponik, seperti pengadaan larutan nutrisi, maka hasilnya pun dapat jauh lebih baik daripada budidaya dengan media tanah.

Sistem hidroponik tidak tergantung musim. Sehingga memungkinkan Anda mengatur waktu tanam dan jadwal panen sesuai dengan kebutuhan pasar atau permintaan konsumen.

Daerah perkotaan yang padat penduduk semakin mempersempit bahkan menggusur lahan pertanian. Sehingga bertani secara konvensional di wilayah perkotaan adalah sesuatu yang sangat sulit atau bahkan sangat mustahil dengan kondisi tersebut. Jangankan lahan yang terbentang lebar, bahkan halaman sempit pun sulit ditemui.

Sekarang sistem hidroponik menjawab kemustahilan tersebut. Sistem hidropnik memungkinkan kita bercocok tanam di mana saja dan dengan media apa saja.

Ke depan sistem hidroponik merupakan solusi pertanian yang sangat potensial untuk dikembangkan di wilayah perkotaan (solusi untuk mewujudkan agropolitan). Hidropnik merupakan jawaban atas permasalahan lahan, baik penyempitan lahan maupun permasalahan lahan-lahan marginal yang belum dikelola dengan baik.

salam…

Paktani Hydrofarm

copas dari : http://www.facebook.com/groups/hidroponiku/doc/226678014009394/

Perihal INDOAGROW
kami adalah lembaga yang bergerak dalam pengembangan sumberdaya pertanian, menyediakan berbagai macam sarana produksi pertanian, dan konsultasi pertanian alamat : Dukuh Serut Desa Tegalontar Kec Sragi Pekalongan Telepon 081931723043 (WA), 081325666314, 08562813733 email: indoagrow@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: