Dasar2 Wick Sistem Hidroponik

Dasar2 Wick Sistem Hidroponik

Pada dasarnya ada 6 jenis hidroponik sistem, termasuk Wick, Budaya Air, Ebb dan Aliran, tetes, Film Teknik Hara, dan aeroponik. Dari masing-masing sistem, ada ratusan variasi, tetapi semua sistem Hidroponik adalah kombinasi dari enam.

 

Di antara berbagai jenis sistem hidroponik, sistem Wick adalah jenis yang paling sederhana. Ini adalah sistem pasif, tanpa perlu perlengkapan tambahan seperti pompa dll. Wick sistem  sebuah solusi pemberian nutrisi  lewat di media tumbuh melalui Sumbu yang digunakan sebagai reservoir. Sistem ini dapat menggunakan berbagai media tanam, misalnya Perlite, Vermiculite,  kerikil pasir, sekam bakar, dan serat/ serbuk kulit buah Kelapa.

Seperti dengan sistem hidroponik lainnya, sistem sumbu hidroponik, meskipun sederhana, tidak memiliki kelebihan dan kekurangan. Mungkin kelemahan terbesar adalah bahwa tanaman yang lebih besar, atau yang memerlukan sejumlah besar air, dapat menyerap larutan nutrisi lebih cepat.

 

Sistem hidroponik sumbu yang digunakan, akar tanaman tidak dicelupkan langsung ke dalam air, melainkan, mereka tumbuh dalam beberapa bahan penahan air seperti rockwool atau sabut kelapa. Sebagaimana disebutkan di atas, sistem hidroponik sumbu adalah pasif, tidak ada energi atau listrik yang  digunakan untuk memberikan solusi nutrisi pada tanaman.

Dalam sistem sumbu hidroponik, penyiraman tingkat dikendalikan oleh tanaman. Sederhananya, ujung ekor sumbu ditempatkan dalam reservoir yang berisi larutan nutrisi. Ujung lain dari sumbu ditempatkan dalam media tanam, lebih dekat ke akar tanaman. Karena tanaman membutuhkan lebih banyak air dan nutrisi, maka disusun sumbu dan ke penahan air media tanam oleh tindakan kapiler. Dengan demikian tanaman mengambil  larutannutrisi  dari ujung2 sumbu dan media tanam yang terlewati oleh sumbu menjadi lembab.

 

Pada Hidroponik, ada kebutuhan besar untuk aerasi yang baik. Dalam sumbu sistem hidroponik udara tersedot oleh akar tanaman bersama dengan larutan nutrisi. Sebuah media tumbuh yang memadai juga membantu untuk memastikan bahwa tanaman menerima cukup udara.

Dengan sistem hidroponik sumbu, sebagai reservoir akan habis, dapat diisi lagi dengan tangan/manual. Hal ini tidak perlu menggunakan pompa seperti yang dilakukan dalam  sistem hidroponik lainya.

Daya tarik utama dari sistem hidroponik sumbu adalah kesederhanaannya. Hal ini seluruhnya memungkinkan untuk membuat sistem hidroponik sumbu buatan sendiri, dengan cara cepat dan ekonomis. Selain itu, media tumbuh terus-menerus mendapat pasokan air membuat sistem sumbu hidroponik nyaman untuk sekala rumahan atau yg sibuk dengan rutinitas sehar2i…tapi masih bisa bercocok tanam karena tidak menjadi repot dengan masalah pennyiraman.

 

Kelemahan dari sistem hidroponik sumbu adalah bahwa tidak semua tanaman tumbuh dengan baik dengan pasokan air konstan. Selain itu, bagian dari larutan nutrisi ke akar tanaman melalui sumbu mungkin tidak memadai untuk tanaman lebih besar dan lebih cepat tumbuh. Akhirnya, media tumbuh terus-menerus lembab menghalangi aerasi, menyebabkan akar tanaman menjadi layu.

Kenyataannya masih tetap melalui, bahwa sistem hidroponik sumbu telah memungkinkan bagi petani tanaman untuk mengadopsi cara sederhana, efisien biaya berkebun hidroponik…Ssemoga bermanfaat…salam paktani hydrofarm..

copas dari : http://www.facebook.com/groups/hidroponiku/doc/325357380808123/

Perihal INDOAGROW
kami adalah lembaga yang bergerak dalam pengembangan sumberdaya pertanian, menyediakan berbagai macam sarana produksi pertanian, dan konsultasi pertanian alamat : Dukuh Serut Desa Tegalontar Kec Sragi Pekalongan Telepon 081931723043 (WA), 081325666314, 08562813733 email: indoagrow@gmail.com

One Response to Dasar2 Wick Sistem Hidroponik

  1. andriyanto mengatakan:

    artikel yang menarik, mohon maaf, jenis tanaman sayur mayur apa saja ya yang cocok dg system wick ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: