Kearifan Lokal – Perangsang Akar (ZPT) Terbaik Ketika Mencangkok Adalah Pucuk Daun dari Tanaman itu Sendiri. Gratis & Praktis!!!

Kearifan Lokal – Perangsang Akar (ZPT) Terbaik Ketika Mencangkok Adalah Pucuk Daun dari Tanaman itu Sendiri. Gratis & Praktis!!!

Oleh Pendekar Tani Azwir Djindan

 

Pada umumnya dalam teknik mencangkok batang tanaman untuk mempercepat pertumbuhan tunas akar digunakan Zat Perangsang Tumbuh (ZPT)/Hormon, baik itu yang bersifat organik maupun anorganik (sintetis). Bagi para petani hal tersebut berarti harus merogoh kocek untuk membeli produk ZPT yang di pasaran harganya tidak murah.

Dengan teknik/jurus menggunakan PUCUK DAUN DARI TANAMAN ITU SENDIRI ternyata kita tidak perlu membeli produk ZPT tersebut.

Wow, bagaimana caranya? Berikut dituturkan oleh Pendekar Tani Azwir Djindan:

 

1.    Kupas kulit batang dari pohon yang akan dicangkok, hilangkan kambiun (lendir) yang ada pada batang tersebut dengan cara dikerok, biarkan selama satu hari sampai batang yang dikupas tidak berlendir. Pada beberapa tanaman tidak harus memerlukan waktu sehari, tetapi asal batang sudah kering tidak berlendir sudah bisa dilakukan pencangkokan.

 

2.    Siapkan media dan pembungkus untuk mencangkok. Ambil beberapa helai pucuk daun tanaman yang kita cangkok, remas/tumbuk sampai halus seperti pasta.

 

3.    Oleskan pasta tersebut di kulit sayatan batang sebelah atas dan biarkan beberapa saat, kemudian bungkus sesuai kaidah mencangkok, dan selesailah proses mencangkok.

 

Metode jitu ini diperoleh beliau sewaktu berguru di Perguruan Kun Lun Pai “Jamur Tiram” di Puncak gunung  Thai san, “Bogor” pada masa 2005 SM, dan telah dipraktekan sendiri oleh yang bersangkutan sehingga sin kang (tenaga dalam) nya bertambah-tambah.

Mudah-mudahan jurus ini bermanfaat bagi para sahabat petani.

 

Ditulis ulang menjadi sebuah kitab dan disimpan di dokumen padepokan, oleh admin.

Salam lestari

http://www.facebook.com/groups/kliniktani/doc/307561392609582/

Perihal INDOAGROW
kami adalah lembaga yang bergerak dalam pengembangan sumberdaya pertanian, menyediakan berbagai macam sarana produksi pertanian, dan konsultasi pertanian alamat : Dukuh Serut Desa Tegalontar Kec Sragi Pekalongan Telepon 081931723043 (WA), 081325666314, 08562813733 email: indoagrow@gmail.com

17 Responses to Kearifan Lokal – Perangsang Akar (ZPT) Terbaik Ketika Mencangkok Adalah Pucuk Daun dari Tanaman itu Sendiri. Gratis & Praktis!!!

  1. Ping-balik: HORMON ALAMI PERANGSANG AKAR | Kebun Semangat

  2. Johni Slamet mengatakan:

    beginian nih klo maniak cersil mandarin nulis di blog tanaman…. hahahaha

    BRAVO TAYHIAP!!!

  3. ayu mengatakan:

    bagaimana dengan sebagian tanaman yang apabila di perbanyak secara vegetatif seperti setek susah untuk tumbuh akar seperti pada setek cengkeh?

    • INDOAGROW mengatakan:

      beberapa jenis tanaman memang seringkali diciptakan sulit untuk dicangkok atau distek, mungkin beberapa pembaca ada saran mengenai pertanyaan ini? salam

  4. Zoel Bengkalis-Riau mengatakan:

    Yang Nulis blog ini sendiri belum pernah coba…. jurus ngarang neeeeech… gak ada foto dokumentasinya…. saya juga bisa ngarang….Nih saya kasi resep lebih ochee… Zat Pengatur Tumbuh Yang Paling Hebat (ZPT-One) cara membuatnya:
    1. Tangkap seekor cicak lalu putusin ekornya…
    2. ekor cicak tersebut di tumbuk sampai halus
    3. berikan sedikit EM-4 untuk fermentasi
    4. biarkan selama 3 hari 3 malam.
    5.setelah itu bisa digunakan untuk perangsang akar bagi tanaman yang akan di cangkok.. selesai…
    Kenyataaan pada hewan cicak banyak terdapat zat pengatur tumbuh (zpt). buktinya coba anda lihat ekor cicak yang anda potong dalam waktu 2 minggu ekor cicak itu akan tumbuh lagi.. itu berarti hewan cicak banyak mengandung zat pengatur Tumbuh… Selamat Mencoba !!!!……………

    • INDOAGROW mengatakan:

      terima kasih pak, kami hanya menyebarkan tulisan ini, biar bisa dibaca lebih luas, sumber aslinya kami sertakan juga dibawahnya agar bisa berkomnikasi langsung dengan penulisnya.

      resepnya oke juga tuh

  5. zaki mengatakan:

    akal-akalan aja nich jurus sampean…… bahan zpt itu melalui fermentasi dulu !… bukan sembarangan asal tempel aja… wah pengunjung pada ketipu nich dengan jurus mak lampir….kwkwkwkwkwk………….

  6. janar mengatakan:

    bagus ni,, bahasanya simpel, ga boros kalimat. isinya dapet. ga kaya tulisan disebelah. udah panjang lebar isinya ga dapet. #tepok jidad

  7. Afid mengatakan:

    Terima kasih atas ilmunya, akan saya coba.

  8. amy mengatakan:

    MAKASIH… ATAS INFONX…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: