Bertani dengan Hati -2 Pohon Pisang Bahan Pupuk Organik Murah Meriah Di sekitar kita

Bertani dengan Hati -2  Pohon Pisang Bahan Pupuk Organik Murah Meriah Di sekitar kita

Salah satu upaya untuk mensehatkan tanah yang “sakit”, menghidupkan tanah yang “mati” adalah dengan menggunakan pohon pisang (batang, daun, pelepah, buah, dan bonggol – bisa semua) yang berada di sekitar lingkungan kita, murah meriah dan berdaya guna!!

Caranya sangat mudah. Cacah pohon pisang menjadi seukuran 10-15 cm, pencacahan tidak harus lembut! tebarkan pada lahan sawah 1 minggu sebelum olah tanam (bajak/traktor). Kebutuhan pohon pisang untuk 1 ha sekitar 10 batang pohon pisang dewasa (jika nemunya pohon pisang kecil tinggal dikonversi saja). Lebih baik sebelum ditebarkan pada lahan bisa dicampur air yang mengandung bioactivator secukupnya. Mudah bukan ?!

Semua jenis pohon pisang dapat digunakan sebagai pupuk organik, namun dari pengalaman sahabat tani yang terbaik adalah jenis pisang batu (jawa: kluthuk). Khasiat dari cacahan pohon pisang ini adalah: 1. mendinginkan tanah/lahan. 2. menetralkan racun-racun kimia sintetis dalam tanah yang masih tersimpan. 3. Kaya kandungan unsur hara Ca (kalsium), P (Phospat), K (Kalium), dan nutrisi mikro serta bio-enzim. 4. Mengundang mikroorganisme “baik” – pengurai bahan organik – sahabat petani (lelembut-mahluk halus). 5. mengundang sahabat petani yakni cacing tanah dan belut! 6. dll (Sang Pencipta yang maha tahu. Amiin).

Biasanya para petani yang belum memberikan perlakuan pohon pisang pada lahannya akan heran dan bertanya pada sahabat petani yang sudah menerapkan aplikasi tersebut, mulai dari keheranan kok tanahnya berbeda, lebih gembur, dlsb, ada juga petani yang mengeluh kakinya gatal-gatal pada saat proses tanam, tidak apa-apa itu adalah reaksi positif bahwa mekanisme alam sedang mengeluarkan racun-racun yang ada pada lahan, dan bagi petani yang merasakan gatal, basuh kaki dengan sabun dan bilas dengan air, maka rasa gatal-gatal akan hilang dengan sendirinya.

Salam lestari

http://www.facebook.com/groups/kliniktani/doc/306336696065385/

Perihal INDOAGROW
kami adalah lembaga yang bergerak dalam pengembangan sumberdaya pertanian, menyediakan berbagai macam sarana produksi pertanian, dan konsultasi pertanian alamat : Dukuh Serut Desa Tegalontar Kec Sragi Pekalongan Telepon 081931723043 (WA), 081325666314, 08562813733 email: indoagrow@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: