TIPS-TIPS JABON BIAR TUMBUH BONGSOR (Bagian I)

Jabon umur 1,5 tahun tumbuh pada lokasi yang tepat Jabon memang tanaman bongsor, namun perlakuan budidaya yang tidak tepat bisa membuatnya gagal tumbuh. Berdasarkan pengalaman kami, perlakuan yang salah membuat jabon yang seharusnya mampu berkembang pesat menjadi kuntet, alias tumbuh lambat. Hal ini bisa kita amati terutama sekali pada musim kemarau, jika jabon tidak mau tumbuh di musim kemarau bahkan kadang hampir mati, maka bisa dipastikan ada yang salah dengan perlakuan.
Berikut kiat-kiat agar jabon yang kita tanam tetap bumbuh bongsor.

1. Bibit
Sebagai tanaman spesies, bukan hibrid atau hasil pemuliaan, bagaimanakah bibit jabon yang berkualitas? Seperti makhluk hidup pada umumnya, pada fase bibit selalu terdapat 3 kriteria mutu: Bagus (bongsor), standar, dan afkir (pertumbuhan tertinggal)

Jika kita menebar benih tanaman apapun tanpa melalui seleksi, semisal benih dari satu buah yang kita tebar bersamaan akan selalu muncul perbedaan dalam kecepatan tumbuhnya. Sebagian kecil akan tumbuh sangat pesar meninggalkan lainnya, sebagian besar akan tumbuh standar yakni rata-rata pertumbuhannya, dan sebagian kecil lainnya akan tumbuh tertinggal.

Perawatan yang salah mengakibatkan jabon tetap kerdil meski sudah berumur 1 tahun

Gunakanlah bibit yang sejak kecil memang pertumbuhannya sangat pesat meninggalkan lainnya, biasanya bibit semacam itu mempunyai kecenderungan untuk tumbuh lebih pesat hingga dewasa. Bibit semacam itu biasanya berasal dari buah bagian tengah, yakni bagian yang sejak dalam buah paling banyak mendapatkan makanan. Sudah kodratnya begitu, secara genetis akan lebih cepat pertumbuhannya.

Indukan juga akan sangat berpengaruh. Gunakan benih yang berasal dari indukan yang matang, bukan indukan yang baru belajar berbuah, atau terlalu tua. Sebaiknya indukan juga merupakan pohon jabon dewasa yang sangat subur.

Perlakuan bibit sejak pertama kali pembenihan juga sangat berpengaruh terhadap kualitasnya. Penggunaan hormon dan pupuk lengkap sejak pertama kali akan mempengaruhi kualitas pertumbuhan berikutnya.

Jangan hanya menggunakan bibit yang asal-asalan dalam menanam jabon. Kami hanya menggunakan bibit pilihan yang kami seleksi sejak awal. Jika anda berminat membeli bibit pilihan ini, silahkan klik link Kios Trans Agro

2. Kesuburan tanah
Kesuburan bawaan lahan yang kita gunakan untuk menanam juga sangat berpengaruh terhadap jabon. Kandungan humus yang tersimpan dalam tanah mempengaruhi kandungan nutrisi dan bahan biologis yang sangat bepengaruh terhadap kelangsungan pertumbuhan jabon.

Tapi bagi kami, lahan yang sepintas “marginal” belum tentu tidak subur. Terkadang, lahan yang sepintas tampak mati namun sesungguhnya mengandung bahan nutrisi yang berlimpah. Hanya saja, nutrisi tersebut terkunci tanah yang akibat penggunaan bahan kimia berlebihan akhirnya menjadikan tanah tandus dan miskin mikroorganisme. Mikroorganisme semacam berbagai macam bakteri dan jamur menguntungkan sangat penting artinya untuk meningkatkan kemampuan tanaman dalam penyerapan bahan makanan.

Kami sering mendapatkan lahan “mati” namun sesungguhnya potensial. Karena pemilik tidak mampu mengolah dan selalu gagal dalam bertanam di lahan tersebut, pada akhirnya kami bisa mendapatkan harga sewa yang relatif murah.

Penggunaan bibit usahakan terseleksi

Bibit yang terseleksi berpengaruh terhadap pertumbuhan

Dengan kemampuan kami mentrasformasi lahan-lahan tersbebut, akhirnya kesuburannya bisa pulih kembali dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Dengan menggunakan bantuan berbagai macam bakteri dan jamur tanah yang berperan sebagai pupuk biologis (hayati) akhirnya lahan tersebut kembali hidup dan sangat subur.

Anda bisa mendapatkan bahan-bahan ini di kios Trans Agro, silahkan hubungi adminnya.

Perihal INDOAGROW
kami adalah lembaga yang bergerak dalam pengembangan sumberdaya pertanian, menyediakan berbagai macam sarana produksi pertanian, dan konsultasi pertanian alamat : Dukuh Serut Desa Tegalontar Kec Sragi Pekalongan Telepon 081931723043 (WA), 081325666314, 08562813733 email: indoagrow@gmail.com

3 Responses to TIPS-TIPS JABON BIAR TUMBUH BONGSOR (Bagian I)

  1. Edy Purwanto mengatakan:

    Tks, sangat membantu dan menambah wawasan kami, sukses tanam jabon, mari hijaukan Bumi ini dengan Jabon berkwalitas,…

  2. ahmad taufik mengatakan:

    Mau Tanya bisakah jabon di tanam di lahan berpasir,,,, taufik kalteng

    • INDOAGROW mengatakan:

      Pengalaman slm ini, selama daerahnya tdk terlalu kering msh bisa, jabon lbh mnyukai lokasi2 yg bnyk mngandung air, klo tanah bisa liat bisa pasir asaltdk ekstrim panas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: