Cabe Berbuah Lebat Berkat MOL Tapai

Cabe Berbuah Lebat

MOL tapai dapat dijadikan sebagai pupuk cair. Saya sudah mencobakannya pada tanaman cabe dan mawar. Hasilnya sangat bagus!!! Cabe jadi berbuah lebat dan mawar berbunga lebih banyak. Bahkan yang tidak pernah berbungapun sekarang sudah muncul dua kuncup sekaligus.

saya mulai membuat MOL dari tapai ketan dan tapai singkong. Saya membeli tapai dari pedagang yang biasa lewat di depan rumah seharga Rp. 1.500,-. Tapai singkong Rp. 500,- dan tapai ketan Rp. 1.000,-

 

Kedua macam tapai tersebut saya masukkan secara terpisah ke dalam 2 buah Botol bekas aqua ukuran 1,5 liter. Kemudiam ke dalamnya saya tambahkan masing-masing 5 sendok makan gula pasir lalu diisi air hingga hampir penuh. Selanjutnya kedua kotak tersebut didiamkan selama 5 hari tanpa tutup.

 

Jika MOL tapai sudah berbau alkohol. Saya langsung ternakkan lagi MOL ini menjadi 3 botol dan yang sama. Didiamkan lagi tanpa tutup selama 5 hari. Setelah siap dipanen, saya pergunakan MOL ini sebagai starter kompos dan pupuk cair.

 

Jika digunakan sebagai pupuk cair MOL tapai harus diencerkan dulu 1:15 (1 bagian MOL dan 15 bagian air). Saya ambil botol bekas air mineral yang 600ml, saya isi MOL tapai kira-kira 1,5cm tingginya. Lalu ditambah air hingga botol penuh dan ditutup dengan tutup botol yang sudah dilubangi tengahnya.

 

Pupuk cair MOL tapai ini saya siramkan ke tanaman dengan cara menuangkannya melalui lubang yang ada pada tutup botol (prinsipnya seperti menuangkan kecap dari botol kecap yang plastik). Dengan cara seperti ini pupuk cair MOL tapai lebih mudah dituangkan disekitar tanaman dan tidak mengenai batang tanaman.

 

Tanaman saya siram tiap 3-4 hari sekali, agar lebih mudah mengingatnya, saya pakai MOL setiap hari Senin dan Kamis. Dari pertama kali digunakan sebagai pupuk cair hingga hari ini, sudah terlihat hasilnya. Tanaman menjadi lebih subur dan warna daun lebih segar.

 

Pada tanaman cabe, pupuk cair MOL tapai ini dapat menguatkan bunga sehingga buah jadi lebih banyak (sebelum dipupuk pakai MOL tapai, bunga cabe saya gampang rontok sehingga buahnya sedikit). Sekarang tanaman cabe saya berbuah lebat.

 

Sebelum dipupuk MOL tapai, pohon mawar saya malas berbunga, paling 1-2 kuncup per pohon. Sekarang bisa tumbuh 4 kuncup sekaligus, bahkan yang tidak pernah berbungapun sekarang muncul dua kuncup bunga.

 

Terima kasih semoga bisa bermaanfaat…salam…

About these ads

Perihal INDOAGROW
kami membantu pihak-pihak yang ingin berbisnis dalam bidang agribisnis. Pengalaman dan Tim kami mampu mesukseskan sebuah proyek agribisnis dengan baik. saat ini kami sedang gencar mengembangkan investasi Jabon (Anthochepallus cadamba) di beberapa daerah. Perpaduan jabon dan komoditas-komoditas agribisnis lain menjanjikan keuntungan ekonomis dan ekologis yang besar. selain itu, kami juga bergerak dalam bidang trading komoditas agribisnis. Aneka produk agro berkualitas kami perdagangkan demi kemajuan agribisnis Indonesia. lebih lanjut bisa menghubungi: CV indoAgrow Manajemen dan Tradding Agribisnis Jl UKDW 11 Seturan Depok Sleman Yogyakarta Telepon 081931723043/081328876164 email: indoagrow@gmail.com

21 Responses to Cabe Berbuah Lebat Berkat MOL Tapai

  1. rahmad mengatakan:

    nunmpang tanya tanaman lombok saya kerdil..!! pengaruh apa.. yaa..! mon\hon saran..!! ssebelumya sudah saya pakai berbagai macam pupuk,!!

  2. supriyanto cepex mengatakan:

    media tanam sebelum ditanami apakah harus disiram dulu dgn mol tapai pak?

  3. ismi mengatakan:

    klo disiram ketanah langsung otomatis kena akar cabenya itu tidak apa ya pak

  4. Yusuf mengatakan:

    Makasih Sob tas infonya yg sangat bermanfaat

  5. Abu Fatih mengatakan:

    Salam tani super!
    luar biasa, inspiratif sekali, semangat berkebun kembali menggelora. tetapi akan sangat bagus sekali bila setiap artikel ada muatan visual yg mendeskripsikan hebatnya pupuk2 atau proses bertani tsb sehingga dapat dipahami dan ditiru secara holistik dan akhirnya setiap artikel dapat sampai secara sempurna pada tujuanya.
    sangat bermanfaat brother! keep spirit for sharing!

  6. soni mengatakan:

    Om. Larutan MOL itu aplikasinya disiramkan di tanah atau disemprotkan kan ke daun tanaman ? trimakasih

  7. Mrs.P mengatakan:

    terima kasih pak….pohon mangga saya jadi berdaun lebat dan daunnya lebih lebar,lebih panjang…intinya lebih besar dibanding daun yang sudah ada terdahulu…hidup mol tape!!!

  8. Abdoel jamil mengatakan:

    Salam kenal. Saya tertarik dengan artikel bapak. Bagaimana kalau untuk diaplikasikan pd tanaman jambu air? Terimakasih dan sem0ga bermanfaat untuk sesama

    • INDOAGROW mengatakan:

      terima kasih komentnya, artikel ini kami copas dari grup fb yang kami cantumkan di atas, jadi biar bisa dibaca orang banyak akhirnya kami copas. kami kira kalau diaplikasikan di tanaman saja akan baik, karena jenis MOL ini akan bermanfaat untuk beberapa jenis tanaman

  9. jenita mengatakan:

    Wah, jadi pengen nyoba, tapi saya masih belum paham maksud dari 2 botol itu drternakan jadi 3 botol itu prosesnya bagaimana ya? Terimakasih sebelumnya

  10. Ummu Thalhah mengatakan:

    subhanallah…salut…pengen skl sperti it tp bkan bidang sy pak’. sy background accounting :(. dr dulu sy klo nanam2 ssuatu (bunga, cabe, dll) kok ndk pnah maksimal yaaa. apanya yg kurang? atau sy bkn bertangan “dingin” istilahnya sy mmg ndk cocok dbdang tanam menanam/ ndk cocok d bisnis agro? bgm menurut bapak?
    sy t’inspirasi skl dng tulisan Bpk. Terima kasih ats informasi yang informatif dan meng’inspirasi….

    • INDOAGROW mengatakan:

      terima kasih ibu atas pujiannya, kami hanya berusaha menanama dengan hati, dengan kombinasi pupuk yang tepat yang dibutuhkan tanah sekaligus tanaman, bukan hanya dibtuhkan tanaman tapi mematikan tanah.

      sebenarnya mudah saja agar subur, jangan hanya menggunakan pupuk kimia saja, melainkan juga pupuk organik dan hayati, organik berasal dari sisa makhluk hidup yg sudah mati, sedangkan hayati adalah pupuk yg berbahan bakteri atau jamur, shingga suburnya relatif lama dan lahan akan semakin subur dari waktu ke waktu. itulah yang namanya menanam kehidupan, bukan memberi makanan tumbuhan tapi mematikan tanah, pada akhrinya juga akan membunuh tanamannya juga.

      jika ibu berkenan, bisa saja kami tanamkan bu, jadi tidak harus tanam sendiri. kami siap membantu ibu menanam jabon :)

  11. yoga mengatakan:

    selamat berinovasi dan berguna bagi manusia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: